Jumat, 29 April 2011

Avicennia marina

Avicennia marina (Forsk.) Vierh.

Avicennia marina (Forsk.) Vierh. Merupakan spesies dari suku avicenniaceae. Orang-orang setempat biasa menamakannya api-api putih, api-api abang, sia-sia putih, sie-sie, pejapi, nyapi, hajusia, pai.

Ekologi: Merupakan tumbuhan pionir pada lahan pantai, mampu tumbuh pada berbagai habitat pasang-surut, bahkan di tempat asin sekalipun. Akarnya sering dilaporkan membantu pengikatan sedimen dan mempercepat proses pembentukan tanah timbul. Jenis ini dapat juga bergerombol membentuk suatu kelompok pada habitat tertentu. Berbuah sepanjang tahun.

Penyebaran : Tumbuh di Afrika, Asia, Amerika Selatan, Australia, Polynesia dan Selandia Baru. Ditemukan di seluruh Indonesia.

Kelimpahan : Melimpah.


Gambar pohon Avicennia marina (Forsk.) Vierh.

Deskripsi: Berbentuk pohon yang tumbuh tegak atau menyebar, tinggi pohonnya yaitu 2 meter. Memiliki sistem perakaran horizontal yang rumit dan berbentuk pensil, akar nafas tegak dengan sejumlah lentisel. Kulit kayu halus dengan burik-burik hijau-abu dan terkelupas dalam bagian-bagian kecil. Ranting muda dan tangkai daun berwarna kuning.

Gambar Akar Avicennia marina (Forsk.) Vierh.

Daun : Bagian atas permukaan daun ditutupi bintik-bintik kelenjar berbentuk cekung. Bagian bawah daun putih- abu-abu muda. Letaknya berlawanan. Bentuk elips, bulat memanjang, bulat telur terbalik. Ujung meruncing. Ukuran 9 x 4,5 cm.

Gambar Daun Avicennia marina (Forsk.) Vierh.

Bunga : Seperti trisula dengan bunga bergerombol muncul di ujung tandan, bau menyengat, nectar banyakLetak: di ujung atau ketiak tangkai/tandan bunga. Formasi: bulir (2-12 bunga per tandan). Daun Mahkota: 4, kuning pucat-jingga tua, 5-8 mm. Kelopak Bunga: 5. Benang sari: 4.

Buah : Buah agak membulat, berwarna hijau agak keabu-abuan. Permukaan buah berambut halus (seperti ada tepungnya) dan ujung buah agak tajam seperti paruh. Ukuran: sekitar 1,5x2,5 cm. Menurut suatu penelitian buah membuka pada saat telah matang, melalui lapisan dorsal. Buah dapat juga terbuka karena dimakan semut atau setelah terjadi penyerapan air.


Gambar Buah Avicennia marina (Forsk.) Vierh.

Manfaat : Daun digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar. Resin yang keluar dari kulit kayu digunakan sebagai alat kontrasepsi. Buah dapat dimakan. Kayu menghasilkan bahan kertas berkualitas tinggi. Daun digunakan sebagai makanan ternak.

1 komentar: